Monday, March 22, 2010

PPC Lokal akankah kelak berwajah mirip google adsense

Sampai saat ini 23 maret 2010, di dunia internet indonesia indonesia sudah banyak situs-situs penerbit Pay Per Click (PPC) lokal atau PPC dalam konten indonesia. Tapi sampai sekarang suatu hal yang sangat menyolok sebagai ciri khas iklan PPC lokal adalah isi iklannya yang ditampilkan, yaitu hampir bertema sama, tak lain adalah iklan-iklan model penjual mimpi, sperti rahasia cepat kaya, banjir uang di bank, cara cepat mudah dapat duit dari ngeblog, Dll. Apakah ini salah-satu pertanda bahwa para advertiser dari indonesia masih lebih mengandalkan PPC terbitan luar seperti Google Adsense dan AdWords?

Fenomena iklan yang berisi jualan mimpi pada dunia PPC lokal tentu saja merupakan kenyataan yang sangat berat untuk para publisher, jangankan orang mau ngeklik, baru melihatpun mungkin sudah bosan aau eneg. Berbeda jauh sekali dengan Adsense yang memiliki konten iklan lengkap dan akan cenderung selalu relevan dengan konten yang ada di situs publisher.

Saya sendiri sebagai Blogger Indonesia tentu sangat berharap bahwa dunia PPC lokal bisa berkembang dan maju seperti halnya google adsense, maka setiap upaya dari pihak penerbit seperti mislanya negeriads.com, kliksaya.com, kumpulblogger.com, dan lainnya yang mengarah pada pengembangan dunia PPC lokal saya akan selalu mendukung dengan apa yang saya mampu.

No comments:

Post a Comment